• Mei 11, 2024

Microsoft Siap Luncurkan Kios Game Mobile pada Juli 2024, Mau Tantang Dominasi Apple dan Google?

Microsoft sepertinya kian serius untuk mengejar keteringgalan mereka dari Apple dan Google dalam hal kios aplikasi game mobile.

Oleh karena itu, Microsoft mengumumkan akan meluncurkan kios game mobile mereka sendiri pada bulan Juli 2024 mendatang.

Mengutip IGN, Jumat (10/5/2024), Microsoft slot berencana untuk meluncurkan kios game mobile berbasis browser ini dengan menawarkan diskon untuk item di dalam game, seperti Candy Crush Saga.

Dijelaskan ini diungkap oleh Presiden Xbox, Sarah Bond pada hari Kamis, 9 Mei 2024, di Bloomberg Technology Summit. Nantinya, Microsoft juga akan membuka kios game mobile hal yang demikian untuk penerbit lainnya.

Sarah mengatakan, kios hal yang demikian akan meluncur dan bisa diakses via browser. Karena diakses via laman, karenanya gamer bisa mengakses kios game mobile Microsoft itu di segala perangkat.

“Gamer bisa mengakses kios game mobile ini di segala perangkat, segala negara, terlepas dari kebijakan ekosistem tertutup kios aplikasi [Apple dan Google] ketika ini,” kata Sarah.

Pengumuman ini seakan menegaskan pernyataan bos Xbox, Phil Spencer, berkaitan janji Microsoft untuk membuka kios game mobile tahun lalu.

Agenda perusahaan berbasis di Redmond ini karena desakan Undang-Undang Pasar Dgital UE yang berlaku pada bulan Maret lalu. Melalui peraturan Eropa itu, diinginkan lanskap pasar komputerisasi akan “lebih adil”.

Tak cuma itu, peraturan ini juga memberikan peluang perusahaan teknologi untuk membuat kios laman mereka sendiri di luar ekosistem Apple dan Google.

“Kami mau berada dalam posisi untuk menawarkan Xbox dan konten dari kami dan mitra pihak ketiga di layar mana malahan yang mau dimainkan oleh siapa malahan,” kata Spencer dalam wawancara dengan Financial Times tahun lalu.

“Saat ini, kami tidak bisa mengerjakan hal hal yang demikian pada perangkat seluler, melainkan kami mau membangun dunia yang berdasarkan kami akan terbentuk ketika perangkat hal yang demikian terbuka.”

Microsoft tertinggal dari pesaing industri game dalam memasuki pasar game seluler senilai USD 90 miliar. Sekarang, divisi Xbox hal yang demikian siap membuat gebrakan besar sesudah pengambilalihan Activision Blizzard senilai USD 69 miliar, pemilik Candy Crush dan Call of Duty.

Microsoft Gelontorkan Investasi ke Indonesia, Apa Saja Rencananya?
Lebih lanjut, Microsoft sudah mengumumkan investasi ke Indonesia dengan skor USD 1,7 miliar atau sekitar Rp 27,6 triliun. Dijelaskan itu diungkapkan seketika oleh CEO Microsoft Satya Nadella dalam event Microsoft Build yang digelar di Jakarta, Selasa (30/4/2024).

Adapun investasi Microsoft ini akan berjalan selama empat tahun. Menurut, investasi ini akan meliputi beberapa hal, mulai dari infrastruktur data center di Indonesia, pelatihan keterampilan, hingga dukungan terhadap kelompok sosial dalam negeri.

Sebagai info, ini yakni investasi tunggal terbesar yang dijalankan Microsoft dalam 29 tahun absensinya di Indonesia. Satya, AI generasi baru yang hadir ketika ini sudah merubah sistem orang hidup dan bekerja, termasuk di Indonesia.

“Investasi yang kami umumkan hari ini, yang meliputi infrastruktur komputerisasi, keterampilan, dan dukungan bagi para developer akan menolong Indonesia untuk terus melaju di era baru ini,” tutur Satya.