• Mei 29, 2024

Review Star Wars Jedi Survivor: Formula Lama Kemasan Baru

Dikala rilis 4 tahun yang lalu, Star Wars: Jedi Fallen Order mendapatkan banyak kebanggaan. Game ini tak cuma memperkenalkan alur cerita yang menarik, namun juga gameplay yang menantang. EA dan Respawn tentunya mau resepsi yang sama akan dikasih kepada sekuelnya, Star Wars: Jedi Survivor.

Kebetulan saya mendapatkan kans untuk mereview Star Wars: Jedi Survivor versi PC. Sesudah mencoba kurang lebih 10 jam, saya bisa menyimpulkan bahwa game ini sudah sesuai dengan ekspektasi dari fans. Game ini secara konsep masih sama dengan Jedi Fallen Order. Bedanya game ini sudah mendapatkan peningkatan dan penambahan sehingga membuatnya lebih bagus ketimbang game pertamanya.

Petualangan Cal Kestis yang Kedua

Alur cerita dari Star Wars: Jedi Survivor masih melanjutkan dari Jedi Fallen Order. Sesudah berhasil mencuri Jedi Holocron dari tangan Empire dan Darth Vader, Cal menjadi buronan yang paling dicari di galaksi. Apalagi ia juga bekerjasama dengan golongan Rebellion yang dipimpin oleh Saw Gerrera.

Jarak dari game pertama dan kedua yakni lima tahun. Cal di Star Wars: Jedi Survivor sudah bukan lagi seorang newbie. Ia sudah memahami daya slot deposit qris Force dan juga lebih hening saat berada dalam kondisi genting. Cal juga sudah banyak mengalami kehilangan dan berimbas kepada emosinya.

EA sudah mengumumkan bahwa para karakter lama Star Wars: Jedi Fallen Order akan kembali di Jedi Survivor. Karakter seperti Greez Dritus, Cere Junda, dan Merrin sudah dipastikan bakal kembali hadir di game ini dan masing-masing memiliki peran sendiri di alur cerita. Ada sebagian karakter baru yang diperkenalkan di game ini. Salah satunya yakni Bode Akuna. Ia yakni seorang tentara bayaran yang memandu Cal Kestis.

Dari segi cerita, EA dan Respawn sepertinya mencoba bermain aman dengan Star Wars: Jedi Survivor. Alur cerita game tak terlalu berbeda atau masih memiliki vibe yang sama dengan game sebelumnya. Polanya yakni Cal akan dihadapkan dengan sebuah problem yang membuatnya semestinya berpindah-pindah antar planet untuk mencari solusinya. Perbedaannya yakni segi problem yang dihadapi. Pada game ini Cal akan menghadapi problem yang lebih besar dibanding sebelumnya.

Dalam salah satu scene saya juga memperhatikan bagaimana Cal termakan oleh emosinya. Akan menarik bila kedepannya ada kemungkinan ia berpaling dari sisi cahaya ke sisi gelap. Hening saja yang tak akan membocorkan spoilernya di sini.

Film Cameron Monaghan masih meminjamkan wajah dan suaranya untuk Cal Kestis. Kerja dan totalitasnya perlu diacungi jempol. Demikian juga dengan para pemeran film pria dan seniman film wanita lainnya. Tanpa mereka Star Wars: Jedi Survivor tak akan bisa tampil maksimal.