• Desember 10, 2023
cara menghilangkan bau kaki secara alami

Tips Cara Menghilangkan Bau Kaki Mudah dan Murah, Yuk Cobain!

Ada berasal dari satu penyebab yang https://brighteyeshair.com/ membawa dampak kaki seseorang jadi bau. Bau kaki sendiri dapat terlampau mengganggu diri sendiri dan orang lain. Dikutip dari dari American Chemical Society, bau kaki atau makna medisnya Bromodisis disebabkan oleh bakteri yang menetap di permukaan kulit dan sepatu.

Baca Juga : Film Biografi Terbaik untuk Kamu yang Sedang Butuh Inspirasi

Saat berkeringat, kaki menjadi lembap, membawa dampak bakteri enteng menetap dan hidup dan juga berkembang di dalamnya. Bakteri berikut lantas memakan keringat pada kaki dan mengolah zat asam yang menebarkan bau tak sedap. Dilansir tersedia 10 langkah enteng dan tidak mahal untuk menyingkirkan bau kaki yang dijamin ampuh. Yuk cobain!

1. Cuci Kaki Secara Rutin

Cuci kaki dengan memakai sabun lalu sikat atau gosok setidaknya sekali di dalam sehari. Seperti dikutip dari, pas paling baik untuk laksanakan langkah ini adalah pas mandi pagi atau sore hari. Setelah itu keringkan kaki sampai ke sela-sela jari dan terlebih jempol kaki di mana bagian berikut sanggup dengan enteng membawa dampak bakteri tumbuh.

2. Sebelum dan Sesudah Pakai Sepatu Cuci Kaki

Kamu semua juga harus rajin menjaga kebersihan diri dengan membiasakan untuk cuci kaki sebelum dan sesudah memakai sepatu.

3. Pakai Kaus Kaki Berbahan Katun

Pemilihan kaos kaki menjadi salah satu faktor penentu. Kamu disarankan memakai kaos kaki berbahan katun agar dapat menyerap keringat secara sempurna. Cara ini dapat menghindari penumpukan keringat pada kaki sehingga terhindar dari bau kaki.

4. Rendam Kaki dengan Air Hangat dan Garam

Kandungan garam mampu mengurangi kelembapan pada kaki hingga membasmi bakteri. Cara penggunaannya, campurkan garam secukupnya dengan 1 baskom air hangat lalu rendam selama 20 menit.

5. Masker Kopi untuk Kaki

Bubuk kopi dapat membantu menghilangkan bau kaki secara alami. Cara menghilangkan bau kaki adalah mencampurkan kopi dengan air hingga membentuk pasta. Setelah itu balurkan campuran itu ke seluruh bagian kaki termasuk sela-sela jari. Diamkan selama 15 menit hingga mengering lalu bilas hingga bersih.

6. Rajin Potong Kuku Kaki

Potong kuku dengan teratur hingga pendek dan pastikan membersihkannya secara teratur. Kuku merupakan sarang berkembangnya kuman dan bakteri, oleh karena itu perlu potong kuku kaki minimal sebulan sekali.

7. Semprotkan Deodoran

Jika perlu mengurangi bau kaki dengan cepat dan aman gunakan semprotan antiperspirant atau deodoran di kaki kamu.

8 . Pakai Sepatu Bergantian

Miliki lebih dari satu pasang sepatu untuk ganti ketika sepatu andalan dalam keadaan basah. Hindari menggunakan sepatu yang masih lembap. Pastikan alas kakimu benar-benar kering karena sepatu basah memungkinkan bakteri tumbuh di kaki kamu lebih cepat.

9. Rajin Ganti Kaus Kaki

Ganti kaus kaki setidaknya dua kali sehari. Terlebih setelah beraktivitas berat di luar rumah dan terkena panas, kaki akan lebih banyak berkeringat dan lembap sehingga harus sering diganti.

10. Pakai Baking Soda

Baking soda sering digunakan sebagai perawatan kecantikan, salah satunya menghilangkan bau kaki. Caranya, campurkan baking soda dengan sebaskom air lalu rendam kaki selama satu menit. Ingat jangan terlalu lama merendam kaki pada campuran baking soda karena dapat menyebabkan iritasi pada kaki. Selanjutnya, bilas dengan air bersih.